>>> JUAL RUNNING TEXT LED MURAH <<< UNTUK TEMPAT IBADAH, PERKANTORAN, PERTOKOAN atau USAHA LAINNYA >>> Cack Sye 081332231151 - PIN BBM D1661A99

Rabu, 14 April 2010

Konflik Berdarah di Makam Habib Hasan Al-Haddad


Oleh : Mang Djejen

Hari ini Rabu tanggal 14 april 2010
Innalillahi wainna ilaihi roji’un. Kalimat itulah yang tepat untuk menyampaikan berita duka yang saat ini terjadi di depan makam ulama sekaligus mujahid, Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad atau yang biasa disebut masyarakat sekitar sebagai Mbah Priuk.
Menurut kuasa hukum ahli waris, Suhendri Hasan, bentrokan semestinya tidak perlu terjadi kalau pemerintah daerah Jakarta menempuh jalan musyawarah. Menurut Suhendri, langkah Satpol PP menggeruduk warga di sekitar makam merupakan instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 132, soal penertiban bangunan liar di sekitar terminal peti kemas PT Pelindo.

”Persoalannya, yang akan ditertibkan itu bukan tanah milik Pelindo, tapi masih milik ahli waris makam,” ujar Suhendri Hasan seperti yang disampaikannya kepada wartawan.

Makam yang luasnya sekitar 6,5 hektar ini letaknya memang berhimpitan dengan pagar terminal peti kemas Pelindo. Dan merupakan satu-satunya bangunan yang berada di areal pelabuhan itu.

Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad merupakan ulama yang menyebarkan agama Islam di Jakarta. Beliau lahir pada tahun 1727 di daerah Ulu, Palembang, Sumatera Selatan. Beliau memperdalam ilmu Islam di Yaman dan aktif menyebarkan dakwah Islam hingga ke kawasan Jakarta.

Beliau syahid dalam melawan tentara Belanda di kawasan Jakarta Utara. Dan dimakamkan di kawasan Pondok Dayung. Kemudian dipindahkan oleh pemerintah Belanda ke kawasan Koja, lokasi makam saat ini, karena Belanda ingin membangun pelabuhan.

Video Konflik Berdarah di Makam Habib Hasan Al-Haddad



Tidak ada komentar: